PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, PENILAIAN PASAR DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE DI BEI PADA TAHUN 2019-2021
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32663/jaz.v6i1.3693Keywords:
Profitabilitas, Likuiditas, Penilaian Pasar, Ukuran Perusahaan, Return SahamAbstract
ABSTRAK
Selvi Linda, Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Penilaian Pasar dan Ukuran Perusahaan terhadap Return Saham Perusahaan Food and Beverage di BEI tahun 2019-2021.
Pembimbing: Erwin Febriyansah S.E., M. Ak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, penilaian pasar dan ukuran perusahaan terhadap return saham. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur food and beverage yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2019-2021. Sedangkan sampel yang diperoleh adalah 23 perusahaan.
Teknik penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, metode penelitian adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan Software Statistik Package for Social Science (SPSS 25). Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap return saham dengan nilai signifikansi 0.010<0.05, likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham dengan nilai signifikansi 0.893>0.05, penilaian pasar tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham dengan nilai 0.653>0.05, dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap return saham dengan nilai signifikansi 0.021<0.05.
Kata Kunci: Profitabilitas, Likuiditas, Penilaian Pasar, Ukuran Perusahaan, Return Saham