PENGARUH KOMPLEKSITAS AUDIT, PROFITABILITAS KLIEN, DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP AUDIT FEE PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR KONTRUKSI DAN BANGUNAN DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2021.

Pengaruh Kompleksitas Audit, Profitabilitas Klien, Kualitas Audit dan Ukuran Kantor Akuntan Publik Terhadap Audit Fee Pada Perusahaan Sub Sektor Kontruksi Dan Bangunan Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2023

Authors

  • Nina. Yulianasari Universitas Prof Dr Hazairin SH
  • Helmi Herawati

DOI:

https://doi.org/10.32663/jaz.v6i1.3703

Abstract

Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompleksitas audit, profitabilitas klien, kualitas audit, ukuran kantor akuntan publik terhadap audit fee pada perusahaan sub sektor kontruksi dan bangunan di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan sub sektor kontruksi dan bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode  2017-2021 sebanyak 17 Perusahaan, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode Purposive Sampling dan sampel yang diperoleh berjumlah 10 perusahaan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Annual Report yang dipublikasikan melalui website resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) di www.idx.com dan website resmi dari masing- masing perusahaan. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompleksitas audit tidak berpengaruh signifikan terhadap audit fee dengan nilai signifikan sebesar 0,874, profitabilitas klien berpengaruh terhadap audit fee dengan nilai signifiksn sebesar 0,020, dan kualitas audit tidak berpengaruh signifikan  terhadap audit fee dengan nilai signifikan 0,184.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-03