ANALISIS KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH

(Studi Kasus Pada Sekolah Dasar (SD) Negeri 08 Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara)

Authors

  • Nur Shaleh STIA BENGKULU
  • Mulyadi Mulyadi Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH

Keywords:

Kepala Sekolah, Sarana, Prasarana, Manajerial, SD Negeri 08 Ketahun

Abstract

Pengembangan sarana dan prasarana pendidikan sangatlah penting untuk dilakukan,
sebab sarana dan prasarana pendidikan juga merupakan alat dan fasilitas yang akan
memperlancar upaya peningkatan kualitas pendidikan. Dalam meningkatkan sarana dan
prasarana pendidikan, kepala sekolah memegang peranan yang sangat penting. Dalam
Pasal 12 ayat (1) PP 28 tahun 1990 dinyatakan bahwa: “Kepala sekolah bertanggung
jawab atas penyelenggaraan kegiatan pendidikan, administrasi sekolah, pembinaan tenaga
kependidikan lainnya, dan pendayagunaan serta pemeliharaan sarana dan prasaranaâ€.
Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian studi kasus (case study), maka dapat
dipahami bahwa studi kasus (case study) lebih terfokus pada salah satu bagian tertentu
dari keseluruhan diri subjek penelitian. Sebagaimana penelitian ini yang lebih terfokus
kepada kompetensi (kemampuan) manajerial Kepala Sekolah dalam mengembangkan
sarana dan prasarana pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan di SD N 08
Ketahun. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, bahwa proses pengembangan
sarana dan prasarana pembelajaran di SD Negeri 08 Ketahun sudah dapat dikatakan baik,
dimana terlihat dari proses perencanaan, pelaksanaan hingga pada tahap evaluasi telah
memberikan ruang kepada seluruh elemen yang berkepentingan melaksanakannya sesuai
kapasitas dan kemampuan yang digerakkan oleh seorang Kepala Sekolah, yang dalam hal
ini bertindak sebagai manajerial.

Published

2015-12-31