E-GOVERNMENT: PROTOTIPE INOVASI PELAYANAN PUBLIK
Keywords:
e-Government, Inovasi, Pelayanan PublikAbstract
Tulisan ini mencoba mendeskripsikan secara nyata bagaimana penerapan maupun
pengembangan e-Government semestinya menjadi agenda penting pemerintah
untuk mereformasi mind set birokrasi, yang selama ini terkesan kaku, lamban dan
korup. Selanjutnya e-Government dapat dijadikan alat yang ampuh dalam
mewujudkan inovasi pelayanan publik, dikarena e-Government merupakan
konsep yang logis untuk menghasilkan produk layanan yang bernilai efisien,
efektif, ekonomis dan berkeadilan bagi seluruh lapisan masyarakat. Baiknya
penerapan e-Government di daerah perlu mendapatkan perhatian yang besar bagi
pemerintah pusat untuk menyelaraskan dan menerapkannya secara menasional,
sehingga e-Government tidak hanya dipahami oleh segelintir kelompok yang
ingin perubahan, tapi perubahan itu harus dirumuskan menjadi agenda besar
negara dalam menghadapi tantangan global. Maka kunci keberhasilan ada pada
pimpinan yang visioner untuk berkomitmen melakukan perubahan birokrasinya
melalui penerapan e-Government untuk meningkatkan pelayanan publik yang baik
bagi terciptanya kesejahteraan masyarakat (welfare state).