ETIKA APARATUR BIROKRASI DI DALAM PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN PADA DINAS TATA KOTA DAN PENGAWAS BANGUNAN (TKPB) KOTA BENGKULU
Keywords:
Etika, Aparatur Birokrasi dan Pelayanan PublikAbstract
Masalah etika pada administrasi publik menunjukkan kurangnya perhatian atau dikesampingkannya etika dalam praktek penyelenggaraan administrasi publik. Pada dasarnya etika merupakan salah satu unsur yang penting untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan kegiatan organisasi dan aktor administrator. Di dalam penelitian ini dapat diuraikan bahwasannya manifestasi etika aparatur birokrasi pada Dinas Tata Kota dan Pengawas Bangunan (TKPB) Kota Bengkulu dalam memberikan pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) kepada masyarakat pada dasarnya telah menunjukkan perilaku etis. Namun, melibatkan birokrasi pada tingkatan kelurahan dan kecamatan yang cenderung masih bersifat birokrasi tradisional menimbulkan praktek perilaku-perilaku tidak etis di dalam berbagai bentuk pelayanan. Adapun pelaksanaan penelitian ini untuk menganalisis etika aparatur birokrasi pada Dinas Tata Kota dan Pengawas Bangunan (TKPB) Kota Bengkulu di dalam pemberian pelayanan Izin Mendirikan Bangunan berdasarkan dimensi kebenaran, kebaikan, keindahan, kebebasan, persamaan, dan keadilan