PENGARUH PELAYANAN TERHADAP PENINGKATAN USAHA KOPERASI TERPADU KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Authors

  • septi indawati STIA BENGKULU

Keywords:

pelayanan, peningkatan usaha, koperasi terpadu, Bengkulu Selatan 1

Abstract

Variebel dalam penelitian ini adalah pelayanan dan peningkatan usaha. Rumusan masalahnya adalah bagaimana pelayanan, bagaimana peningkatan usahanya dan bagaimana pengaruh antara pelayanan terhadap peningkatan usaha Koperasi terpadu Kabupaten Bengkulu Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan yang diberikan, untuk mengetahui peningkatan usaha serta untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap peningkatan usaha Koperasi terpadu Kabupaten Bengkulu Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru dan penjaga sekolah berjumlah 402 orang. Sedangkan sebagai sampelnya diambil 5% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 20 orang guru dan penjaga dengan secara acak. Dengan alasan dari 20 orang guru dan penjaga tersebut sudah dapat mewakili serta menjawab permasalahan penelitian yang penulis lakukan lebih representatif dan mengurangi tingkat kesalahan, sehingga data yang diperoleh mendekati nilai sesungguhnya. Sedang teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, kuesioner, wawancara dan studi pustaka. Dan Penelitian ini analisisnya mengunakan metoda analisis kuantitatif, yaitu pembahasan melalui program statistik SPSS yang dimaksudkan untuk mengetahui seberapa jauh hubungan antara variabel independent dengan variabel dependent. Sedangkan untuk memprediksi seberapa jauh pengaruh antara dua variabel atau lebih, penulis menggunakan metoda analisis regresi. Hasil analisis menunjukkan pengaruh yang signifikan antara variabel pelayanan terhadap peningkatan usaha dengan nilai probabilitas melalui uji ANOVA dan uji t dengan nilai tingkat signifikansi sesuai dengan ketentuan-ketentuan statistik. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dianalisis dan dibahas, maka peneltian dapat ditarik suatu kesimpulan sebagai berikut: a) Berdasarkan tanggapan responden dapat diketahui bahwa rata-rata menjawab sangat setuju dengan nilai 5,00 termasuk dalam kategori sangat setuju berarti adanya pelayanan yang baik maka peningkatan usaha juga semakin baik b) Berdasarkan tanggapan responden dapat diketahui bahwa rata-rata menjawab setuju dengan nilai 4,00 termasuk dalam kategori setuju bahwa peningkatan usaha dipengaruhi oleh pelayanan yang diberikan kepada anggota Kabupaten Bengkulu Selatan . c) Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi nilai diperoleh nilai R2 sebesar 0.653, atau 65 %. Hal ini menunjukan adanya pengaruh yang kuat. Selebihnya sebesar 35 % dipengaruhi variabel-variabel lainnya yang belum terlibat dalam penelitian ini

Published

2017-06-30