The Investigasi Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Pada Mahasiswa ditinjau dari Perbedaan Gender

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.32663/georaf.v4i2.957

Kata Kunci:

Knowledge, Disaster Preparedness, Students, Gender, Pengetahuan, Kesiapsiagaan Bencana, Mahasiswa, Jenis Kelamin

Abstrak

Bencana di Aceh tidak terbatas pada musibah gempa dan tsunami yang terjadi pada tahun 2004. Untuk membentuk masyarakat yang tanggap bencana, maka diperlukan upaya untuk membentuk pengetahuan bencana. Tujuan pengetahuan ini yaitu 1) mengetahui tingkat pengetahuan bencana mahasiswa, 2) mengetahui tingkat pengetahuan bencana mahasiswa ditinjau dari gender, dan 3) mengetahui pengaruh gender terhadap pengetahuan kesiapsiagaan bencana mahasiswa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan mahasiswa pendidikan geografi pada STKIP Alwashliyah. Data dianalisis menggunakan metode uji ANCOVA dan deskriptif statistic. Hasil menunjukkan bahwa 1) tingkat pengetahuan kesiapsiagaan bencana mahasiswa berada pada kategori rendah, 2) kesiapsiagaan bencana mahasiswa juga dalam kategori rendah jika ditinjau dari perbedaan gender, dan 3) terdapat pengaruh gender terhadap pengetahuan kesiapsiagaan bencana. Berdasarkan temuan penelitian diperlukan upaya untuk meningkatkan pengetahuan kesiapasiagaan bencana melalui memasukkan kurikulum kebencanaan ke dalam mata kuliah kegeografian, mengembangkan metode dan media pembelajaran yang mampu membatu implementasi pembelajaran kebencanaan serta rutin melakukan pelatihan agar kesiapan bencana dapat terwujud.

Kata Kunci: Pengetahuan, Kesiapsiagaan Bencana, Mahasiswa, Gender

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Biografi Penulis

  • Ridhwan Ridhwan, STKIP Al-Washliyah

    Ridhwan lahir di Samalanga, Indonesia. Dia menyelesaikan M.Pd pada pendidikan geografi Universitas Negeri Malang pada tahun 2016. Dia juga berkerja sebagai dosen pendidikan geografi di program studi pendidikan geografi STKIP Al-washliyah, Banda Aceh, Indonesia. Penelitiannya berfokus pada pendidikan geografi, Pendidikan kelingkungan, Teknologi pendidikan, dan Pendidikan pemecahan masalah.

    Afiliasi: Program Studi Pendidikan Geografi, STKIP Al-Washliyah, Banda Aceh, Indonesia

Referensi

Amirudin, A., Handoyo, B., & Soekamto, H. (2015) Characteristics of Disaster Pre Liminary Research in Developing Learning Model of Environment Education Based on the Disaster in Efford to Grow an Cultural Anticipatory. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(1), 59- 67.
Anonim Undang-undang No 24 Tahun 2007 Tantang Penanggulangan Bencana.
Anonim Permendikbud No. 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan KI dan KD Kurikulum 2013
Bill, F., Hai, V. M., District PMI Staff. (2005). Integrated Community Based Risk Reduction. The British Red Cross Society.
BNPB. (2012). Menuju Indonesia Tangguh Tsunami. Jakarta: BNPB.
BNPB. (2016). Resiko Bencana Indonesia. Jakarta: BNPB.
Daud, R. D., Sari, S. A., Milfayetty, S., & Dirhamsyah, M. (2014). Penerapan Pelatihan Siaga Bencana dalam Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Komunitas SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal ilmu kebencanaan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala,1(1), 26 – 34.
Elangovan, A. R., & Kasi, S. (2015) Psychosocial Disaster Preparedness for School Children By Teachers. International Journal of Disaster Risk Reduction, 12, 119 – 124.
Havwina, T., Maryani, E., Nandi. (2016). Pengaruh Pengalaman Bencana Terhadap Kesiapsiagaan Peserta Didik Dalam Menghadapi Ancaman Gempa Bumi dan Tsunami. Gea Jurnal Pendidikan Geografi, 16(2), 124 – 131.
Hidayati, D., Widayatun, Hartana, P., Triyono, & Kusumawati, T., (2011). Panduan Mengukur Tingkat Kesiapsiagaan Masyarakat dan Komunitas Sekolah. Jakarta:LIPI Press.
Ilo, P. I., Izuagbe, R., Mole, A. J. C., & Ekwueme, L. (2018). Measuring Disaster Preparedness and Respond Practice in University Libraries in Nigeria: The Rola of Disaster Equipment. International Journal of Disaster Risk Reduction. 31. 85-91.
Johnson, V. A. (2011). Disaster Preparedness Education in Schools: Recommendations for New Zealand and the United States. Wellington, New Zealand: Fullbright.
Lavigne, F., Coster, B. D., Juvin, N., Flohic, F., Gaillard, J.C., Texier, P., Morin, J., & Sartohadi, J. (2008). People’s behaviour in the face of volcanic hazards: Perspectives from Javanese communities, Indonesia. Journal Volcanol.Geotherm. Res, 172, 273–287.
Manesh, A.K. (2017). Youth Are One Our Future Assets in Emergency Disaster Management. Bulletin of Emergenccy and Trauma, 5(1), 1-3.
Marlyono, S. G., Pasya, G. K., & Nandi. (2016). Peranan Literasi Infromasi Bencana Terhadap Kesiapsiagaan Bencana Masyarakat Jawa Barat. Gea Jurnal Pendidikan Geografi, 16(2), 116-123.
Norris, F.H., Perilla, J. L., Ibanez, G. E. and Murphy, A. D. (2001). Sex Differences in Symptoms of Posttraumatic Stress: Does Culture Play a Role?. Journal Trauma Stress, 14, 7–28.
Ogunleye, O. I., & Olusola, J. A. (2019). Evaluating Disaster Preparedness among University Learniers: A Study of Ekiti State University, Ado- Ekiti, Nigeria. World Journal of Innovative Research, 6(2). 83 -88.
Overton, L. R. (2014). From Vulnerability to Resilience: An Exploration of Gender Performance Art and how it has Enabled Young women’s Empowerment in Post-hurricane new Orleans. Procedia Econ. Financ.,18, 214–221.
Raneses, M. K., Richard, A., C., Richards, J., & Jackie, B. (2018). Measuring the Level of Disaster Preparedness in Auckland. Procedia Engineering, 212, 419 – 426.
Roediger, H., L., & Marshm, E., J. (2005). The positive and Negative Consequences of Multiple-Choise Testing. Journal of Experimental Psycology:Learning, Memory, and Cognition, 31(5), 1155-1159.
Sari, R. M., Sumarmi, Astina, I. K, Utomo, D. H. (2019). Geography Teachers Perception on the Implimentation of Mind Map on Scientific Approach. Advances in Social Science, Education, and Humanities Research, 320. 125 – 131.
Sari, R. M., Sumarmi, Astina, I., K., Utomo, D., H., & Ridhwan. (2019). Measuring Students Scientific Learning Perception and Critical Thinking Skill Using Paper-Based Testing: School and Gender Differences. International Journal of Emerging Technologies in Learning. 14(19). 132-149.
Simpson, D. M. (2008). Disaster Preparedness Measure: a test Case Development and Application. Disasater Prevention and Management, 17(5). 645 – 661.
Sinha, A., Pal, D. K., Kasar, P. K., Tiwari, R., & Sharma, A. (2008). Knowledge, attitude, and Practice of Disaster Prepaedness and Mitigation Among Medical Students. Disaster Prevention and Management:An International Journal, 17(4), 503 – 507.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualititif, dan RnD. Bandung: Alfabeta.
Syuaib, M. Z. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran SImulasi Vs Bermain Peran dan Sikap Siswa Terhadap Pengetahuan dan Kesiapsiagaan Tentang Bencana Alam. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(2), 177 – 189.
Tkachuck, M. A., Schulenberg, S., & Lair, E., C. (2018). Natural Disasater Preparedness in College Student: Implications for Institutions of Higher Learning. Journal America College Health. 66 (4), 269 – 279.
Wang, Z. (2013). Effect of Heterogeneous and Homogeneous Grouping on Student Learning. Theses. Chapel Hill.

Diterbitkan

2020-02-23

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >>