ANALISIS KOMPARATIF KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN ASURANSI SYARIAH MENGGUNAKAN RASIO EARLY WARNING SYSTEM SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19

(STUDI PADA PERUSAHAAN ASURANSI JIWA SYARIAH DI INDONESIA)

Authors

  • Syafrul Antoni

DOI:

https://doi.org/10.32663/jaz.v4i2.2448

Keywords:

Beban klaim, Pengembalian investasi, Likuiditas, Pertumbuhan premi, Cadangan teknis

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan bukti empiris mengenai perbandingan kinerja keuangan perusahaan asuransi Syariah di Indonesia dengan menggunakan rasio early warning system sebelum dan selama pandemi covid-19. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Kinerja keuangan perusahaan asuransi syariah diukur dengan rasio beban klaim, pengembalian investasi, Likuiditas, Pertumbuhan premi dan Rasio cadangan teknis yang diperbandingkan antara sbelum dan selama pandemic covid-19 yang diperoleh melalui Laporan keuangan perusahaan asuransi Syariah di indonesia yang telah di audit. Pengujian hipotesis menggunakan uji beda paired sample T tes.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa tidak terdapat perbedaan kinerja keuangan dalam aspek beban klaim, pengembalian investasi, Likuiditas, Pertumbuhan premi dan Rasio cadangan teknis antara sebelum dan selama pandemi covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-31